Strategi Pemasaran

TEKNIK DAN STRATEGI PEMASARAN

Gratis, cukup registrasi, dapatkan Dollar dengan mempromosikan iklan melalui link berikut:

http://VisitsToMoney.com/index.php?refId=375809

Setelah memahami perencanaan usaha, langkah selanjutnya adalah mempelajari dan melatih bagaimana barang dan jasa yang dihasilkan itu didistribusikan atau dipasarkan. Sesuai dengan definisi pemasaran yaitu kegiatan menefiti kebutuhan dan keinginan konsumen (probe/search), menghasilkan barang dan jasa sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen (product), menentukan fingkat harga (price), mempromosikannya au agar produk dikenal konsumen (promotion), dan mendistribusikan produk ke tempat konsumen (place), maka tujuan pemasaran adalah bagaimana agar barang dan jasa yang dihasilkan disukai, dibutuhkan, dan dibeh oleh konsumen (J. Supranto, 1993). Ini berarti, perhatian kita dalam pemasaran haruslah diawali dengan riset pemasaran yaitu untuk meneliti kebutuhan dan keinginan konsumen. Sesuai dengan tujuan pemasaran, maka inti pemasaran adalah penciptaan nilai yang lebih finggi bagi konsumen daripada nilai yang diciptakan oleh pihak pesaing. Strategi usaha yang cocok dengan konsep tersebut adalah memproduksi barang dan jasa apa yang bisa dijual dan bukan menjual barang dan jasa apa yang bisa diproduksi. Strategi pertama sangat tepat dan sesuai dengan inti pemasaran, sedangkan strategi kedua tidak tepat karena tidak memperhatikan kebutuhan dan keinginan konsumen. Prinsip dasar pemasaran yaitu menciptakan nilai bagi langganan (customer value), keunggulan bersaing (competitive advantages), dan fokus pemasaran. Tujuan pemasaran bukan mendapatkan langganan (get customer), akan tetapi memperbaiki situasi bersaing (improve competitive situation). Dalam konteks ini, seorang wirausaha harus mampu memproduksi barang dan jasa dengan mutu yang lebih baik, harga yang lebih murah, dan penyerahan yang lebih cepat daripada pesaing.

1.PERENCANAAN PEMASARAN

Pembahasan tentang strategi perusahaan, tidak bisa lepas dari perencanaan, arahan, atau acuan gerak langkah perusahaan untuk mencapai suatu tujuan. Ada beberapa langkah dalam merencanakan pemasaran bagi usaha baru:

Langkah 1: Penentuan Kebutuhan dan Keinginan Pelanggan

Untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan pelanggan, pertama-tama harus dilakukan penelitian pasar atau riset pemasaran. Riset pasar harus diarahkan pada kebutuhan konsumen, misalnya barang atau jasa apa yang diinginkan dan dibutuhkan konsumen, berapa jumlahnya, kualitas yang bagaimana, siapa yang membutuhkan, dan kapan mereka memerlukan. Riset pasar dimaksudkan untuk menentukan segmen pasar dan karakteristik konsumen yang dituju.

Langkah 2: Memilih Pasar Sasaran Khusus (Special Target Market)

Setelah mengetahui kebutuhan dan keinginan konsumen, langkah berikutnya adalah memilih pasar sasaran khusus. Ada tiga jenis pasar sasaran khusus, yaitu:

(1) Pasar individual (individual market).

(2) Pasar khusus (niche market).

(3) Segmentasi pasar (market segmentation).

Dari tiga altematif pasar sasaran tersebut, bagi perusahaan kecil dan usaha baru lebih tepat bila memilih pasar khusus (niche market) dan pasar individual (individual market). Sedangkan untuk perusahaan menengah dan besar lebih baik memilih segmen pasar (segmentation market).

Langkah 3: Menempatkan Strategi Pemasaran dalam Persaingan

Penerapan strategi pemasaran sangat tergantung pada keadaan lingkungan persaingan pasar yang ada dari hari kehari. Keberhasilan dalam segmentasi pasar sangat tergantung pada potensi yang menggambarkan permintaan dari lingkungan persaingan. Ada enam strategi untuk memenuhi permintaan dari lingkungan yang bersaing:

(1)Berorientasi pada pelanggan (customer orientation).

(2)Kualitas (quality), ialah mengutamakan Total Quality Management (TQM) yaitu efektif, efisien, dan tepat.

(3)Kenyamanan (convenience), yaitu memfokuskan perhatian pada kesenangan hidup, kenyamanan, dan kenikmatan.

(4)Inovasi (innovation), yaitu harus berkonsentrasi untuk berinovasi dalam produk, jasa, maupun proses.

(5)Kecepatan (speed), atau disebut juga Time Compression Management (TCM), yang diwujudkan dalam bentuk:

(a)Kecepatan untuk menempatkan produk baru di pasar.

(b)Memperpendek waktu untuk merespons keinginan dan kebutuhan pelanggan (customer response time).

(6)Pelayanan dan kepuasan pelanggan.

Langkah 4: Pemilihan Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran ialah paduan dari kinerja wirausaha dengan hasil pengujian dan penelitian pasar sebelumnya dalam mengembangkan keberhasilan strategi pemasaran. Untuk menarik konsumen, wirausaha bisa merekayasa indikator-indikator yang terdapat dalam bauran pemasaran (marketing mix), yaitu probe, product, price, place, promotian.

INGIN NAIK HAJI?

2.BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX)

Penelitian dan Pengembangan Pasar (Probe)

Seperti telah dikemukakan bahwa langkah pertama dalam kegiatan pemasaran adalah meneliti kebutuhan dan keinginan konsumen. Berapa jumlahnya, bagaimana daya belinya, di mana tempat konsumennya, dan berapa permintaannya. Semua ini merupakan informasi penting bagi pemasaran produk baru. Menurut Peggy Lambing dan Charles L. Kuehl (2000: 153), keunggulan bersaing perusahaan baru terletak pada perbedaan (diferensiasi) perusahaan tersebut dengan pesaingnya dalam hal:

(1)Kualitas yang lebih baik.

(2)Harga yang lebih murah dan bisa ditawar.

(3)Lokasi yang lebih cocok, lebih dekat, lebih cepat.

(4)Seleksi barang dan jasa yang lebih menarik.

(5)Pelayanan yang lebih menarik dan lebih memuaskan konsumen.

(6)Kecepatan, baik dalam pelayanan maupun dalam penyaluran barang.

Oleh sebab itu, menurut Zimmerer (1996: 117), bagi usaha baru. sangatlah cocok untuk menerapkan strategi market driven. Strategi ini dibangun berdasarkan enam pondasi:

(1)Orientasi konsumen.

(2)Kualitas.

(3)Kenyamanan dan kesenangan.

(4)Inovasi.

(5)Kecepatan.

(6)Pelayanan dan kepuasan pelanggan.

Berorientasi pada Konsumen

Usaha baru yang berhasil pada umumnya memusatkan perhatian pada pengembangan sikap yang berorientasi kepada kepuasan stakeholder (stakeholder satisfaction). Dalam pemasaran, orientasi itu tentunya kepada kepuasan pelanggan dengan prinsip-prinsip pokok sebagai berikut:

(1)Bila ada pelanggan yang merasa kurang puas, penuhilah secepat    mungkin kekurangan tersebut.

(2)Doronglah pelanggan untuk mengajukan keluhan bila kurang             memuaskan.

(3)Mintalah umpan balik (feed-back) dari karyawan tentang upaya          perbaikan pelayanan yang harus diberikan kepada pelanggan.

(4)Buatlah komitmen untuk membuat pelayanan terbaik kepada              konsumen.

(5)Izinkan manajer untuk menunggu.pelanggan temporer.

(6)Hati-hati dalam memilih dan melatih seseorang yang akan                  berhubungan dengan pelanggan.

(7)Kembangkan pelayanan bagi karyawan, sehingga komunikasi             betul-betul mengarah pada pelanggan.

(8)Berikan insentif kepada karyawan yang betul-betul memberikan          pelayanan istimewa kepada pelanggan.

Kualitas

Agar berhasil dalam persaingan global, sangatlah penting bagi perusahaan untuk memperhatikan kualitas barang dan jasa serta pelayanan. Akhir-akhir ini, perbaikan kualitas telah dijadikan tujuan strategi beberapa perusahaan di dunia, yang kemudian secara. integral dijadikan bagian dari budaya perusahaan. Perbaikan kualitas tersebut terangkum dalam Total Quality Management (TQM).

Secara filosofis, Total Quality Management (TQM), nilai-nilai dan kerja keras tidak hanya ditujukan untuk mempertahankan kualitas barang dan jasa tetapi juga untuk mempertahankan kualitas usaha dan pelayanan kepada pelanggan. Kunci utama dalam mengembangkan TQM justru. terletak pada perhatian khusus kepada pelanggan. Artinya,’ kualitas harus mencerminkan kebutuhan dan keinginan pelanggan.

Bagaimana pelanggan menginterpretasikan kualitas? Berdasarkan hasil survei di Amerika Serikat, menurut Zimmerer (1996) ada lima macam komponen kualitas yang secara berurutan perlu diperhatikan, yaitu:

(1)Ketepatan (reliability), yaitu rata-rata kelalaian/pengabaian.

(2)Daya tahan (durability), yaitu berapa lama barang dan jasa tersebut dapat dipakai/ bertahan.

(3)Mudah digunakan (easy of use), yaitu barang dan jasa tersebut memberikan kemudahan untuk digunakan.

(4)Nama merek yang terkenal dan dipercaya (known and trusted brand name).

(5)Harga yang relatif rendah (low price).

Barang dan jasa yang cepat, tepat, hemat, sehat, kuat, dan terkenal merupakan prasyarat bagi perusahaan dalam mempertahankan kualitas. Barang dan jasa harus cepat dan tepat dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Selain itu, barang dan jasa itu harus tahan lama atau tidak mudah rusak dan mudah digunakan oleh siapa pun dan kapan pun. Komponen lain dari kualitas yang tidak kalah pentingnya adalah harga yang murah dan merek yang terkenal. Merek yang terkenal dan harga yang terjangkau sangat menarik dan merangsang konsumen sekaligus mencerminkan kualitas yang dikehendaki konsumen.

Sedangkan di bidang jasa pelayanan, konsumen ingin melihat jasa perusahaan yang mencerminkan beberapa karakteristik sebagai berikut:

(1)jelas/nyata (tangibles), yaitu jelas ada fasilitas, ada peralatan dan ada orang yang melayaninya.

(2)Ketepatan (reliability), yaitu memenuhi apa yang dikatakan itu sesuai dengan apa yang dilakukan atau tepat janji dan tepat pelayanan.

(3)Ketanggapan (responsiveness), yaitu tanggap terhadap keinginan pelanggan.

(4)Terjamin dan penuh empati (assurance and empathy), yaitu menimbulkan sikap yang menyenangkan. Dengan kata lain, pelayanan itu harus cepat, tepat, hemat, sehat, dan nikmat. Artinya, ada garansi yang menimbulkan rasa aman dan senang.

Pedoman penting untuk mencapai sasaran kualitas seperti di atas dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

(1)Bangun kualitas ke dalam proses.

(2)Kembangkan tim kerja dan sebar luaskan sampai departemen.

(3)Mantapkan ikatan dengan pemasok secara khusus.

(4)Latihlah manajer dan karyawan agar mereka partisipasi dalam program peningkatan kualitas.

(5)Berdayakan karyawan pada setiap tingkatan organisasi, berikan wewenang dan tanggung jawab dalam membuat keputusan untuk menentukan kualitas.

(6)Mantapkan komitmen manajer terhadap kualitas.

(7)Berikan insentif kepada orang yangbekerja berkualitas.

(8)Kembangkan strategi perusahaan dalam perbaikan kualitas.

Kenyamanan

Untuk mengetahui kenyamanan, dilakukan dengan cara meminta informasi kepada pelanggan, misalnya kesenangan apa yang mereka inginkan dan mereka harapkan dari pelayanan yang disajikan perusahaan? Untuk memberikan pelayanan yang menyenangkan harus diperhatikan hal-hal berikut:

(1)Lokasi usaha harus dekat dengan pelanggan.

(2)Berikan kemudahan-kemudahan kepada pelanggan.

(3)Tentukan jam kerja yang menyenangkan bagi pelanggan. Apakah perusahaan buka seminggu penuh atau semalam suntuk.

(4)Tetapkan apakah barang perlu diantar atau tidak.

(5)Berikan kemudahan untuk menggunakan cara kredit.

(6)Latihlah karyawan untuk dapat melakukan transaksi dengan cepat, tepat, hemat, dan sopan.

Inovasi

Inovasi merupakan kunci keberhasilan bagi usaha baru. Perubahan pasar yang sangat cepat dan persaingan yang kompleks menuntut inovasi yang terus-menerus. Inovasi yang terus-menerus merupakan suatu kekuatan bagi wirausaha dalam. meraih sukses usahanya. Beberapa bentuk inovasi yang lazim. dan terkenal ialah dalam bentuk produk baru, perbedaan teknik/cara, dan pendekatan baru dalam memperkenalkannya.

Kecepatan

Kecepatan merupakan kekuatan dalam persaingan. Dengan kecepatan berati mengurangi biaya, meningkatkan kualitas, dan memenuhi permintaan pasar. Secara filosopi, kecepatan disebut Time Compression Management (TCM), yang memiliki dua aspek, yaitu: (1) Mempercepat produk baru ke pasar, dan (2) Memperpendek waktu dalam merespons permintaan pelanggan baik dalam memproses produk maupun dalam mendistribusikan atau menyampaikannya.

Agar perusahaan yang mementingkan TQM dapat bersaing, hendaknya melakukan hal-hal sebagai berikut:

(1)Perbaharui keseluruhan proses sehingga menjadi lebih cepat.

(2)Ciptakan fungsi silang dari tim kerja, berikan wewenang untuk memecahkan persoalan. Tim kerja yang yang dimaksud adalah insinyur, pekerja yang dipabrik penjual, ahli kualitas, dan bahkan pelanggan.

(3)Arahkan tujuan secara agresif untuk mengurangi waktu dan memperpendek jadwal. Melalui TQM diharapkan dapat mengurangi siklus waktu, misalnya yang seharusnya beberapa minggu menjadi beberapa hari atau jam saja, seharusnya sebulan hanya beberapa minggu saja, dan seterusnya.

(4)Tanamkan budaya cepat. Pelayanan harus cepat namun tepat, hemat, dan sopan.

(5)Gunakan teknologi yang dapat mempercepat proses.

Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan

Wirausaha mengetahui bahwa salah satu cara terbaik untuk mempertahankan pelanggan dan menarik pelanggan baru adalah dengan menyajikan pelayanan yang lebih baik yang tidak tertandingi oleh pesaing lain. Cara menciptakan pelayanan dan kepuasan pelanggan dapat dilakukan sebagai berikut:

(1)Dengarkan dan perhatikan pelanggan.

(2)Tetapkan pelayanan yang terbaik.

(3)Tetapkan ukuran dan kinerja standar.

(4)Berikan perlindungan hak-hak karyawan.

(5)Latih karyawan cara memberikan pelayanan yang istimewa.

(6)Gunakan teknologi yang memberikan pelayanan terbaik.


INGIN NAIK HAJI?

Lihat juga informasi lainnya di: http://teknobudaya.blogspot.com

110 Komentar pada “Strategi Pemasaran”

  1. dena kurnia Says:

    wah, saya senang, tulisan bpk sangat membantu dlm mengerjakan tugas2 saya.

  2. Hirodona Says:

    thanks pada materinya sangat membantu dalam menyiapkan materi pelatihan KKN PPM

  3. dealer pulsa Says:

    memberikan kepuasan pelanggan . yups terima kasi

  4. arie Says:

    lebih banyak lagi posting yang kaya gini mas, soalnya saya mau menghadapi PSG/Prakerin (Praktek Kerja Industri) dan tugas kewirausahaan saya menumpuk.

    thax tulisannya membantu saya

  5. yoseph lukas Says:

    materinya menarik, bisa ngak di bahas mendalam tentang brand imaging

  6. Dianee Chan Says:

    waaaah…pencerahan buat tugas ku ,,,terimaksih mas……

  7. akbar Says:

    membantu banget mas tulisannya.. thx :)

  8. junaidi Says:

    terima kasih mas,atas wawasan pengetahuan yang di berikan buat para marketing man

  9. henny Says:

    thanks bwt blog ny,, krna snqt mmbnt saia dlm m’nylesaikan tgz.

  10. INTAN Says:

    thankz yeach…..

  11. Zainul Abidin Says:

    Terima kasih Bapak

  12. daning Says:

    ini yang saya cari untuk bahan ujian komprehensif saya besok januari,,,terima kasih atas postingnya,,,,

  13. ran Says:

    terima kasih artikelnya, sangat membantu menyelesaikan tugas kewirausahaan saya


  14. terima kasih semuanya atas artikelnya karena artikel ini sangat membantu untuk kami
    menyelesaikan tugas

  15. Bemben Says:

    Wah,saya senang atau tidak dengan ini, tapi makasih marerinya

  16. Firman Says:

    artikel ini membuat saya mendapatkan strategi untuk pemasaran yang lebih baik lagi…..terima kasih


  17. terimakasih atas artikel nya mas, kebetulan saya punya toko online , saya lagi mencari bahan2 refensi, sbg masukan untuk mengelola dan memasarkan produk2 dari toko saya..

    terimakasih banyak :)


  18. saya ingin mempelajari teknik pemasaran bagi produk buku ilmiah kesekolah atau keinstitusi pengajian tinggi kerana saya baru menceburi bidang pemasaran.harap dapat kongsi pengalaman

  19. pace Says:

    ijin unduh mas bos, matur tengkyu sebelumnya

  20. Mini printer Says:

    Artikel yang sangat bagus pak .
    Sangat membantu para pembaca . thx : )

  21. arif Says:

    Mkch bgtu yea artikelx sgt bermanfaat,,,,,,,,,,!!!!!

  22. arif Says:

    Thanks bgt yea,,,,,,,,,,!!!!!

  23. iyass tempong Says:

    makasihh yaa..materinya sangat bagus


  24. trims atas materi nya. itu smua sangat mambantu…
    kajiannya pun dikemas sdemikian rupa, shingga mempermudah saya untuk mnyusunnya. :D

  25. Anonymous Says:

    bagus mas isinya buat bekal qu kerja di bagian marketing

  26. ayas Says:

    terima kasih pak, materinya sangat membantu untuk mata kuliah marketing saya. izin juga ya pak untuk copas nya, salam sukses untuk kita semuaa :).

  27. ibeng Says:

    luar biasa… bertambah lg pengetahuan saya tentang PEMASARAN.. saya ucapkan trimakasih sebesar besarnya,, cuma doa yg bisa saya berikan atas pengetahuan yg saya dapat.. smoga sukses..

  28. mufree Says:

    terimakasih bpk …
    sangat mengesankan, TOP BGT!

  29. adi Says:

    makasih byk mas, saya pinjam ilmunya, mudah2an manfaat ..insya Allah

  30. Rinto datunsolang Says:

    Thank’s. Materi tambahan untuk memulai usaha baru.

  31. E.jonelvi Says:

    Tank’s atas konsep dan materinya mudah2an bisa berguna utk kinerja saya.


  32. sangat membantu….terima kasihhh


  33. saya sdg mencari bahan strategi pemasaran, artikel ini sangat membantu menambah wawasan…thanks

  34. SR Supit Says:

    apa ada bukunya Pak?


  35. Nice Thread , sangat membantu , bagus ni kalau ada bukunya :)

  36. marcell Says:

    Thanks ya pak

  37. Anonymous Says:

    Sangat membantu pak, lagi-lagi Service Excellent kuncinya ya pak :)

  38. Wiffie Says:

    Sangat membantu pak, lagi-lagi Service Excellent kuncinya ya pak :)

  39. Anonymous Says:

    Alhamdulillahh makazihh yy pak

  40. Anonymous Says:

    Bagus,,,, membuka pola pikir untuk pelaku usaha kecil yg ingin jadi besar


  41. ane mau nawarin pembukaan loket pembayaran online dari bank mandiri nihh,,
    buat info lebih lanjut hub, ane 0858 835 11 833

  42. Tomy Says:

    Matur nuwun sangat booossss

  43. Anonymous Says:

    strategi yg bagus bissa di terapkan dalam marketing,.,
    lgian jg dlm perusahaan tergantung dengan mitra kerjanya
    dari inisiatif kinerja karyawan,,., sy suka dengan pendapat ini

  44. Anonymous Says:

    aku pingin tau emosioanal dalam pelajaran strategi pemsaran the apa ?

  45. Sari Says:

    Materi ini menginspirasi saya dlm pembuatan KKP diklatpim saya.terima kasih Pak.

  46. Mrs maria Says:

    Selamat Datang SMITH MARIA PERUSAHAAN KEUANGAN
    Apakah nama dan Kembali MENCARI Pinjaman pribumi ? FUNDS tingkat bunga Yang Terjangkau
    diproses Dalam, waktu 3 sampai 6 days.Have BEKERJA
    Andari pernah ditolak Terus menerus Oleh Bank Dan keuangan Before
    Lembaga ? Goodnews adalah di Sini !
    Mendapat INFORMASI bahwa selain masuk Ke bisnisdan untuk memaksimalkan
    keuntungan , PERUSAHAAN inisial mulia berjalan Satu mil ekstrabesar ,
    Ke melihat hubungan pemberi Pinjaman – peminjam Yang Sehat di . Suami melibatkan membuat
    Pinjaman sehingga paket Negara Yang FLEKSIBEL Yang
    berniat pelanggan diperbolehkan kebebasan berapa BANYAK untuk meminjam Dan
    KAPAN harus membayar Dilaporkan .
    KARENA mungkin menarik * Bagi nama dan Kembali , Kami menawarkan * Semua JENIS Pinjaman untuk setiap BAGIAN Bahasa Dari
    world.It JUGA mungkin menarik * Bagi Andari untuk mengetahui bahwa Andari sebagai berniat
    peminjam , menentukan berapa BANYAK Andari
    butuhkan sebagai Pinjaman Dan KAPAN harus membayar kitd Dilaporkan asalkan memenuhi * Semua nama dan Kembali Kami
    fleksibilitas requirements.This merupakan salat Satu faktor Utama Yang
    harfiah Berdiri Kami keluar ANTARA Lain di Sini di UKand sekitar
    Dunia .
    Kami menawarkan Pinjaman MULAI bahasa Dari $ 5,000.00 Min . menjadi $ 10,000,000.00 Max di
    3 % bunga rate.We menawarkan Pinjaman untuk mengembangkan Pratama Afiliasi Dan memiliki
    kompetitif Tepi / Ekspansi Pratama Afiliasi . Kami bersertifikat , dapat dipercaya ,
    handal , pengerjaannya efisien , CEPAT Dan Dinamis . Sebuah pengadilan Akan
    meyakinkan Andari ….. Severe Andari tertarik Dalam, memperoleh Pinjaman Kami
    tawarkan , di Bawah Suami adalah bentuk aplikasi untuk mengisi kitd Dan Dilaporkan kepada Kami.

    1 INFORMASI YANG DIPERLUKAN ADALAH
    Tenggang LENGKAP : _________________________
    JENIS Kelamin : _______________________________
    Status Pernikahan : _____________________
    KONTAK Enjiniring : ______________________
    Kota / Kode Pos : ________________________
    Negara : ______________________________
    Tanggal Lahir : ________________________
    Number Pinjaman Dibutuhkan : ________________
    Durasi Pinjaman : ________________________
    Penghasilan BULANAN / Penghasilan mingguan: _________
    Pekerjaan : ___________________________
    Tujuan untuk Pinjaman : _____________________
    Email_____________________ Andari
    Telepon : ________________________________
    Fax : __________________________________

    Terima Kasih Untuk Binaan Andari !
    Email : smithmaria109@gmail.com
    kontak petugas +2347059858063

    TIDAK ADA Kehilangan TAPI Utang ANDA DAN MASALAH KEUANGAN !
    KAMI Disini Untuk Tampilkan Andari Cara Yang Lebih Beit Untuk Kebebasan Finansial
    ! Hubungi Kami Hari Ini !

  47. bola368 Says:

    kebetulan saya lagi mencari referensi tentang marketing,
    terimakasih mas infonya..
    info seputar bola , berita bola, prediksi bola terupdate bisa Anda dapatkan di http://www.bola368.net

  48. ardita Says:

    AKhirnya tugas manajemen pemasaranku selesai…. makasi……


  49. Strategi pemasaran luar biasa..sangat menarik untuk dipraktikkan..

  50. Mahfud Says:

    numpang info kami xeranta mobile memiliki visi yang sama silahkan kunjungi laman web kami http://www.xeranta.com

  51. mebelukiran Says:

    artikelnya dapat menjadi bahan referensi saya untuk mengerjakan tugas mata kuliah strategi pemasaran yang diberikan oleh dosen saya,…
    Terimakasih

  52. udink Says:

    Trimakasih tas artikel usahax

  53. perkofashion Says:

    Makasih pak sharing ilmunyaaa. sangat bermanfaat sekali

  54. zus Says:

    superr sekali bacaan ini :)

  55. Yudo Dwi Yuliyat Moko Says:

    saya mau nanya, mengapa pemasaran berorientasi kepada pelanggan? dan apa kelebihan serta kekurangannya? Tolong di jawab ya gan, terimakasih :)


  56. tulisan yg sangat membantu

  57. tirman Says:

    Bagi yang suka dollar, silahkan gabung di bawah ini:

    http://VisitsToMoney.com/index.php?refId=375809

  58. rhudi Says:

    makasih atas sarannya,,,good do it

  59. yayan mojokerto Says:

    thanks pak sangat membantu

  60. rifki Says:

    thx banget pak atas informasinya
    rifki http://www.info-condotel.blogspot.com

  61. Anonymous Says:

    Terimkasih bapak, artikelnya.

  62. yons77 Says:

    Artikel keren,
    Dan untuk melengkapinya maka anda WAJIB BACA
    Cara Jitu Menaikan Omset
    Garansi PASTI BERMANFAAT & bila setelah membaca ternyata tidak bermanfaat maka anda boleh OMEL2in saya sesuka hati anda.

    Boleh telpon sy dan mar4h2
    ni nmr sy 0818220650

    ni kalo ga percaya baca aja dulu http://halaman1google.blogspot.com/2014/03/cara-jitu-menaikan-penjualan-terburkti.html

  63. Rahmat Says:

    saat ini teknik dan strategi pemasaran telah berkembang seiringan perkembangan teknoogi, namun mengapa strategi pemasaran yang dilakukan perusahaan perusahaan besar kadang malah memojokkan dan merugikan pesaingnya, itu secara moral kan sudah gak bener?

  64. afrin dafian Says:

    Saya sngt puas dg smua uraianya n saya pkir smuanya logika n bsa dtrapkn mks…

  65. Anonymous Says:

    (y)


  66. artikel yang sangat bermanfaat.


  67. Adakah yang berniat membuka usaha ? boleh saya ikut serta untuk segera membangun bersama. bekerja sama di bidang apapun sesuai kemampuan anda .. trim’s

    sms : 081909416890

  68. kiki haikal Says:

    Makasih yg telah menulis web ini sangat membantu Saya dlm tugas kewirausahaan

  69. syarifal Says:

    Salam kenal, saya mulai merintis usaha makanan dan berada di suatu tempat permanen, strategi apa yang harus saya lakukan untuk menarik pelanggan…?, terimakasih (artikelnya sangat membantu untuk kreatif)

    • tirman Says:

      maaf mas arif, saya baru cek komentar. selamat anda telah memulai berwirausaha, perlu dicontoh oleh generasi muda yang lain. untuk bisnis makanan yang paling utama adalah cita rasa, pelayanan, kebersihan, dan situasi kenyamanan. jika hal itu dilakukan dengan baik dan memuaskan pengunjung, maka dengan sendirinya pengunjung yang puas akan promosi dari mulut ke mulut. rekomendasi pengunjung kepada calon pelanggan merupakan cara promosi yang sangat efektif. tks

  70. rahmat Says:

    Sangat membantu ѕaya dalam melakukan pengembangan perusahaan.
    Terimakasih

  71. LORENZA Says:

    kebetulan sekali gan ane lagi menjalankan bisnis pemasan ane ,,, sangat bermanfaat postingan ane ,,

    kutipan-terbaru.blogspot.com

  72. Anonymous Says:

    Trima kasih materinya.sy sgt terbantu utk rapat Q1.bulan mei 2014 (Abu Thalib Assagaff LUTCF.FSS)

  73. bapak fauzul Says:

    terimaksih artikelnya sangat inspiratif dan patut untuk saya coba,,,, salam


  74. terima kasih atas artikelnhya. sangat menarik :D.

  75. Ardi Says:

    Makasih ya mas sutirman (Y)


  76. trims materinya pak,sy jadi lebih mudah mengerjakan tugas2 sy


  77. […] PPT File Name: Strategi pemasaran – pembelajaran | menuju pembelajaran Source: tirman.wordpress.com » DOWNLOAD « […]

  78. Anonymous Says:

    Alhamdullilah membantu saya menambah wawasan

  79. Anonymous Says:

    mksih

  80. Filter air Says:

    Strategi pemasaran jitu nihh, bole di coba, makasi infonya pak boss

  81. walahhh Says:

    Terimakasih artikel di atas sangat membantu saya memahami akan kata pemasaran, tapi ada juga Tips extreme buat pemasaran yang terkadang dihalalkan dengan berbagai cara.

  82. Anonymous Says:

    tenks for you

  83. Tukang Bakso Says:

    terima kasih pak atas artikelnya. sangat memperkaya referensi dalam memulai usaha.


  84. Terbantu banget. terimakasih :)

  85. tola Says:

    Terimakasih atas artikelnya, menambah wawasan meskipun tdk dipraktekan,cukup utk menambah pengetahuan teori

  86. Anonymous Says:

    terima kasih atas informasinya.. Saya ingin bertanya mengenai segmentasi pasar,..
    dalam melakukan segmentasi pasar, strategi apa saja yang harus kita lakukan agar segmentasi kita bisa terwujud?

  87. Anonymous Says:

    terima kasih atas infonya.. saya ingin bertanya mengenai segmentasi pasar.
    strategi apa saja yang harus kita lakukan agar segmentasi pasar dapat berhasil?


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 28 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: