Contoh Kurikulum SMK AP

KURIKULUM SMK

PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN

I. Tujuan Pendidikan Menengah Kejuruan

Tujuan Pendidikan Menengah Kejuruan adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan kejuruannya

II. Visi dan Misi SMK

Visi

Menjadi lembaga diklat yang menghasilkan sumber daya manusia yang profesional yang mampu berkompetisi di tingkat nasional dan internasional

Misi

Melaksanakan pembelajaran yang berwawasan keunggulan dengan menerapkan teknologi informatika, untuk menghasilkan tamatan yang bertaqwa, mempunyai unjuk kerja dan kemampuan yang dapat digunakan untuk meningkatkan kehidupannya.

III. Tujuan SMK

1. Mempersiapkan tamatan yang memiliki kepribadian dan berakhlak mulia sebagai tenaga kerja tingkat menengah yang kompeten sesuai program keahlian pilihannya

2. Membekali peserta didik untuk berkarir, mandiri yang mampu beradaptasi dilingkungan kerja sesuai bidangnya dan mampu menghadapi perubahan yang terjadi di masyarakat.

3. Membekali peserta didik sikap profesional untuk mengembangkan diri dan mampu berkompetisi di tingkat nasional, regional dan internasional.

IV. Tujuan Program Keahlian Administrasi Perkantoran

Membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten :

1. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tertulis dengan relasi dengan memperhatikan norma dan lingkungan masyarakat;

2. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan teknologi informasi untuk melaksanakan tugas secara efektif dan efisien;

3. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan untuk merencanakan, melaksanakan, mengorganisasi, dan mengevaluasi tugas yang menjadi tanggungjawabnya;

4. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan dalam mengelola surat/dokumen sesuai standar operasi dan prosedur untuk mendukung tugas pokok lembaga;

5. Menerapkan dan mengembangkan pelayanan terhadap relasi sehingga diperoleh manfaat masing-masing pihak;

6. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan mengelola administrasi keuangan sehingga segala aspek keuangan dapat dilaporkan dan dipertanggungjawabkan.

V. Standar Kompetensi Lulusan SMK

1. Berperilaku sesuai dengan ajaran agama yang dianut sesuai dengan perkembangan remaja

2. Mengembangkan diri secara optimal dengan memanfaatkan kelebihan diri serta memperbaiki kekurangannya

3. Menunjukkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab atas perilaku, perbuatan, dan pekerjaannya

4. Berpartisipasi dalam penegakan aturan-aturan sosial

5. Menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup global

6. Membangun dan menerapkan informasi dan pengetahuan secara logis, kritis, kreatif, dan inovatif

7. Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam pengambilan keputusan

8. Menunjukkan kemampuan mengembangkan budaya belajar untuk pemberdayaan diri

9. Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk mendapatkan hasil yang terbaik

10. Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah kompleks

11. Menunjukkan kemampuan menganalisis gejala alam dan sosial

12. Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan bertanggung jawab

13. Berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara secara demokratis dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia

14. Mengekspresikan diri melalui kegiatan seni dan budaya

15. Mengapresiasi karya seni dan budaya

16. Menghasilkan karya kreatif, baik individual maupun kelompok

17. Menjaga kesehatan dan keamanan diri, kebugaran jasmani, serta kebersihan lingkungan

18. Berkomunikasi lisan dan tulisan secara efektif dan santun

19. Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat

20. Menghargai adanya perbedaan pendapat dan berempati terhadap orang lain

21. Menunjukkan keterampilan membaca dan menulis naskah secara sistematis dan estetis

22. Menunjukkan keterampilan menyimak, membaca, menulis, dan berbicara dalam bahasa Indonesia dan Inggris

23. Menguasai kompetensi program keahlian dan kewirausahaan baik untuk memenuhi tuntutan dunia kerja maupun untuk mengikuti pendidikan tinggi sesuai dengan kejuruannya

VI. Stándar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran SMK

1. Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (Sebagian)

a) Mampu mengoperasikan komputer PC

b) Mampu mengoperasikan sistem operasi soft ware

c) Mampu menggunakan teknologi komputer untuk mengolah data, keperluan sehari-hari serta keperluan yang terkait dengan kebutuhan dunia kerja

d) Mampu mengoperasikan PC dalam suatu jaringan serta mengoperasikan web design

2. Kewirausahaan

a) Mampu mengidentifikasi kegiatan dan peluang usaha dalam kehidupan sehari-hari, terutama yang terjadi di lingkungan masyarakatnya

b) Menerapkan sikap dan perilaku wirausaha dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakatnya

c) Memahami sendi-sendi kepemimpinan dan mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari serta menerapkan perilaku kerja prestatif dalam kehidupannya

d) Mampu merencanakan sekaligus mengelola usaha kecil/mikro dalam bidangnya

3. Dasar Kompetensi Kejuruan Administrasi Perkantoran

a) Pengetahuan Dasar Manajemen

b) Pengetahuan Dasar Akuntansi

c) Pengantar Administrasi Kantor

4. Kompetensi Kejuruan Administrasi Perkantoran

a) Kerjasama dengan kolega-kolega dan pelanggan-pelanggan

b) Mengikuti prosedur keamanan, keselamatan, dan kesehatan kerja

c) Berkomunikasi melalui telepon

d) Memberikan pelayanan kepada pelanggan

e) Mengaplikasikan dasar komunikasi

f) Mengikuti aturan kerja sesuai dengan lingkungan kerja

g) Menjaga dan melindungi budaya kerja

h) Melakukan prosedur administrasi

i) Menggunakan peralatan kantor

j) Menangani penggandaan dan pengumpulan dokumen

k) Merencanakan dan melakukan pertemuan

l) Menangani surat masuk dan surat keluar

m) Membuat dan menjaga sistem kearsipan untuk menjamin integritas

n) Mencatat dikte untuk menghasilkan naskah

o) Menciptakan dan menghasilkan dokumen

p) Menghasilkan dokumen sederhana

q) Mengatur perjalanan bisnis

r) Memproses transaksi keuangan

VII. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran

1. Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI)

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

1. Mengoperasikan PC stand alone

2. 1 Mengoperasikan operasi berbasis teks

2. 2 Mengoperasikan operasi berbasis Graphic User Interface (GUI)

2. Mengoperasikan sistem operasi software

2. 1 Menginstal sistem operasi dan software

2. 2 Mengoperasikan software pengolah kata

2. 3 Mengoperasikan software spreadsheet

2. 4 Mengoperasikan software presentasi

2. 5 Mengoperasikan software aplikasi basis data

3. Mengolah data aplikasi

3. 1 Melakukan entry data aplikasi dengan keyboard

3. 2 Melakukan update data dengan utilitas aplikasi

3. 3 Melakukan delete data dengan utilitas aplikasi

3. 4 Melakukan entry data dengan image scanner

3. 5 Melakukan entry data dengan OCR (Optical Character Recognition)

4. Mengoperasikan PC dalam jaringan

4. 1 Menginstal software jaringan

4. 2 Mengoperasikan jaringan PC dengan sistem operasi

5. Mengoperasikan web-design

5. 1 Mengoperasikan web-browser

5. 2 Mengoperasikan software email client

2. Kewirausahaan

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

1. Mengaktualisasikan sikap dan perilaku wirausaha

1. 1 Mengidentifikasi sikap dan perilaku wirausahawan

1. 2 Menerapkan sikap dan perilaku kerja prestatif

1. 3 Merumuskan solusi masalah

1. 4 Mengembangkan semangat wirausaha

1. 5 Membangun komitmen bagi dirinya dan bagi orang lain

1. 6 Mengambil resiko usaha

1. 7 Membuat keputusan

2. Menerapkan jiwa kepemimpinan

2. 1 Menunjukkan sikap pantang menyerah dan ulet

2. 2 Mengelola konflik

2. 3 Membangun visi dan misi usaha

3. Merencanakan usaha kecil/mikro

3. 1 Menganalisis peluang usaha

3. 2 Menganalisis aspek-aspek pengelolaan usaha

3. 3 Menyusun proposal usaha

4. Mengelola usaha kecil/mikro

4. 1 Mempersiapkan pendirian usaha

4. 2 Menghitung resiko menjalankan usaha

4. 3 Menjalankan usaha kecil

4. 4 Mengevaluasi hasil usaha

3. Dasar Kompetensi Kejuruan

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

1. Pengetahuan Dasar Manajemen

1.1. Hubungan Administrasi, organisasi dan manajemen

1.2. Ruang Lingkup Manajemen

1.3. Fungsi-fungsi Manajemen

1.4. Penerapan fungsi-fungsi Manajemen serta hubungannya dalam kegiatan

1.5. Kepemimpinan

1.6. Manfaat motivasi dalam manajemen

1.7. Hubungan antar manusia dalam organisasi

2. Pengetahuan Dasar Akuntansi

Pengertian dan Ruang Lingkup Akuntansi

Konsep dasar akuntansi

Penyusunan laporan keuangan

Pengelompokan transaksi usaha dan perkiraan

Akuntansi untuk perusahaan jasa

Siklus akuntansi perusahaan dagang

3. Pengantar Administrasi Kantor

3.1. Manajemen Perkantoran

3.2. Pengorganisasian Personal Kantor

3.3. Pekerjaan Kantor

3.4. Pengelolaan Perbekalan Kantor

4. Kompetensi Kejuruan

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

1. Mengikuti prosedur keamanan, keselamatan dan kesehatan kerja

1.1. Mengikuti prosedur keamanan, keselamatan, dan kesehatan kerja

1.2. Menghadapi situasi-situasi darurat/emergency

1.3. Menjaga standar keamanan penampilan pribadi

1.4. Memberikan umpan balik mengenai keamanan, kesehatan, dan keselamatan kerja

2. Berkomunikasi melalui telepon

2.1. Respon untuk panggilan telepon masuk

2.2. Melakukan panggilan telepon

3. Memberikan pelayanan kepada pelanggan

3.1. Identifikasi kebutuhan pelanggan

3.2. Penyampaian pelayanan pada pelanggan

4. Mengaplikasikan ketrampilan dasar komunikasi

4.1. Identifikasi proses komunikasi ditempat kerja

4.2. Menulis konsep informasi

5. Menjaga dan melindungi budaya kerja

5.1. Memelihara prosedur kerja

5.2. Mendukung perbaikan yang berkesinambungan

5.3. Memelihara prosedur pencatatan

6. Melakukan prosedur Administrasi

6.1. Proses dokumen-dokumen kantor

6.2. Dasar surat-menyurat

6.3. Mengurus dan menjaga sistem dokumen

7. Menangani penggandaan dan pengumpulan dokumen

7.1. Memilih alat yang sesuai dengan tugas

7.2. Membagikan dokumen

8. Merencanakan dan melakukan pertemuan

8.1. Merencanakan dan mempersiapkan pertemuan

8.2. Menyelenggarakan pertemuan

8.3. Menggandakan dan mendistribusikan hasil pertemuan

9. Menangani surat masuk dan keluar (mail handling)

9.1. Menerima dan mendistribusikan surat masuk

9.2. Menerima dan mendistribusikan surat keluar

9.3. Mengelola surat yang penting dan harus diterima pada hari yang sama

9.4. Mengelola dan mengirim e-mail

10. Membuat dan menjaga sistem kearsipan untuk menjamin integritas

10.1. Menetapkan kebutuhan bahan dan alat kearsipan

10.2. Memilih sistem yang sesuai

10.3. Mengimplementasikan sistem kearsipan

11. Mencatat dikte untuk menghasilkan naskah

11.1. Mencatat naskah dengan audio tape

11.2. Mendikte naskah untuk catatan

12. Menciptakan dan mengembangkan naskah untuk dokumen

12.1. Kebiasaan aman dalam pelatihan-pelatihan kerja

12.2. Menetapkan ukuran-ukuran bagi struktur dan bentuk dokumen naskah

12.3. Bentuk dokumen-dokumen naskah

12.4. Menghasilkan dokumen-dokumen naskah

13. Menghasilkan dokumen sederhana

13.1. Menggunakan praktekkerja yang aman

13.2. Memastikan akan kebutuhan dokumen

13.3. Memproduksi dokumen

14. Mengatur perjalanan bisnis

14.1. Merencanakan perjalanan bisnis

14.2. Mengatur perjalanan bisnis

14.3. Membuat laporan perjalanan bisnis

15. Memproses transaksi keuangan

15.1. Proses penerimaan uang dan pembayaran

15.2. Melakukan rekonsiliasi

85 Komentar pada “Contoh Kurikulum SMK AP”

  1. Idris Says:

    kalau boleh tolong dikirim modul mppd

  2. deni r Says:

    kalau bisa tolong dikirim materi atau modul menghasilkan dokumen sederhana

  3. iwan Says:

    sutirman alumni IKIP Negeri Yogyakarta Adp ?
    dari iwan adp 94
    tq.

  4. WAKHID Says:

    CAN YOU GIVE ME MACROMEDIA FLASH UTK MEMBUAT PRESENTASI

  5. Maruta Prima Jaya Says:

    tlg kirimkan modul membuat dan menjaga sistem kearsipan untuk menjamin integritas

  6. nay Says:

    ngopas yo…

  7. Didik Hape Says:

    Pak punyandak kurikulum dengan spektrum yang baru, kalau punya kasih donk ? and silabusnya, tmksh sblmnya.(SMK Penabur PWR )

  8. angga Says:

    boleh minta cariin kurikulum buat SMEA jurusan administrasi perkantoran dan SMEA akuntansi gak..
    perlu bgt niyh.. buat ngajar..
    send to email aku aj yah..
    makasih sblmnya..

  9. meilika Says:

    …saya guru baru di SMK jurusan administrasi perkantoran… tolong kirimkan RPP produktif menciptakan dan mengembangkan naskah untuk dokumen donk…
    makasih sblmnya

  10. tyas Says:

    kalo mulok untuk smk jurusan AP yang pas apa ya pak?tolong informasinya lewat email saya saja ya…kalau ada sekalian contoh silabus dan RPPnya..terima kasih…

  11. Nigie Says:

    pak minta modul penggandaan dokumen.

  12. Rianto Says:

    Pak, saya masih mencari buku/modul Menangani penggandaan dokumen yang pas, karena buku/modul yang ada banyak mesin-mesin lama, yang sudah tidak digunakan di kantor-kantor. Kalau ada saya copy ya Pak? bisa pinjam di kampus Pak?

  13. ely Says:

    rpp untuk standar kompetensi “mengolah data/informasi di tempat kerja dan mengaplikasikan administrasi perkantoran di tempat kerja” Bpk punya ngga ? kalo ada kirim ke saya donk….. makasih sebelumnya!

  14. Laily Rosya Says:

    tolong kirimkan rpp dan silabus K3LH,mpkp(memberikan pelayanan kepada pelanggan.atas bantuannya saya ucapkan terima kasih

  15. Laily Rosya Says:

    minta tolong silabus dan rpp aturan kera dan mmp (merencanakan dan mengelola pertemuan)K3lh dan mmp.sory bos kemarin salah ketik emailnya.trims.

  16. andika aridani Says:

    bisa gk minta format kurikulumnya?

  17. widodo,s.pd Says:

    pak tolong kirimkan saya perangkat pembelajaran smk administrasi perkantoran sama modulnya, soalnya sekolahan saya kurang lengkap, ke e_mailku ya??? trimakasih sebelumnya

  18. widodo,s.pd Says:

    saya akumnya UNY adp 2003

  19. Anonymous Says:

    Mas perso ndak ya dimana sy bisa beli buku sistem informasi manajemen

  20. tuti Says:

    tolong dong dikirimi modul mengelola data/informasi di tempat kerja…

    maturnuwun,,,

  21. nirwana setiyo eni Says:

    Pak saya minta tolong untuk di kirimi silabus& RPP untuk materi (menangani penggandaan dan pengumpulan dokumen) dan materi (merencanakan dan melakukan pertemuan) karena saya di beri tugas kepsek untuk ngajar bidang studi tsb.terima ksih byk

  22. Anonymous Says:

    tolong dikasih tau alamt toko yang menjual modul mengelola data/informasi ditempat kerja matur nuwun

  23. Agnysia Says:

    minta 2 contoh tentang semangat wirausaha, membangun komitmen bagi diri sendiri dan orang lain, mengambil resiko usaha

  24. Kusai Says:

    alhamdulillah yah ,masih ada temen yg mau berbagi,seusatu banget!

  25. suhermanpraja Says:

    mohon bisa dikirim contoh kurikulum smk prodi teknik jaringan

  26. ditta Says:

    tolong dong buatin contoh silabus mata pelajaran memberikan pelayanan kepada pelanggan,,,please –“

  27. susiyati Says:

    saya alumni AP IKIP YOGYA 89 (dulu) sekarang UNY.
    rekan-rekan yang mengajar AP/ADP? bukankah kurikulum 2010/2011 nama kompetensi sedikit berubah? misal merencanakan dan penyelenggarakan pertemuan berubah mengelola pertemuan/rapat…
    salam hangat

  28. anita zaenab Says:

    tolong dikirim silabus dan rpp untuk kompetensi kejuruan

  29. jumriah Says:

    tolong dikirimi saya rpp mengaplikasikanaadm perkantoran di tempat kerja

  30. desfita eka putri Says:

    devi :
    saya boleh minta tolong dikirimkan silabus dan rpp mengaplikasikan aplikasi perangkat lunak kan? perlu banget nih buat ngajar.tolong kirim ke email saya ya. Thanks banget lho atas kesediaannya…… Please…………deh……

  31. trifka Says:

    modul buat menangani penggandaan dokumen ada gak ya? bingung nyarinya…help me please..


  32. mohon dong, kirimi saya RPP dan SILABUS Stenografi untuk Kelas X,XI,dan XII lewat email saya karena saya baru menjadi guru di SMK. terima kasih atas bantuannya.

  33. pulung-adp angk 2002 Says:

    pak, mohon bantuan untuk mengirimkan modul mengelola data informasi di tempat kerja dan pengembangan kurikulum untuk kompetensi keahlian adp. apakah pelatihan terbuka untuk guru bukan di area jogja ada? kalau ada mohon di infokan..tmksh

  34. Ida Hasrina Says:

    mohon bantuannya mengirimkan silabus stenografi Indonesia.makasi sebelumnya

  35. Anonymous Says:

    MAS TIRMAN, SAYA COPAS (COPY-PASTE) CONTOH KURIKULUMNYA YA! (IWAN R/ADP 94)

  36. fajri Says:

    Pak tirman, spektrumnya ini dah diupdate lum ya?
    untuk materi mengolah data/informasi ditempat kerja iku SIM nya tingkat SMK yang bener gimana pak?
    untuk yang steno itu sbenarnya wes mau dihapuskan? salah pemahaman atau butuh pengkajian ulang dari Pak Joko nggih?

  37. Lindung Says:

    pak saya mau tanya nih, ada gak silabus/ RPP Memproses Perjalanan Bisnis untuk tingkat SMK.
    Kalau ada tolong kirimkan pak.Terimakasih

  38. Anonymous Says:

    mnta silabus dn rpp dasar komunikasi dan bisnis smk,..kirimkan ke email saya makasih

  39. Anonymous Says:

    mnta silabus dn rpp dasar komunikasi dan bisnis smk,utk kelas x krimkan ke email saya makasih

  40. Chitra Arizona Simbolon Says:

    pak, ada gak kurikulum utk SMK jurusan adm perkantoran ?
    klu blh sekalian silabus, rpp dan modul nya.
    terima kasih sebelumnya

  41. stephanus Says:

    pak,
    saya mahasiswa pendidikan matematika sanata dharma yogyakarta.
    dalam mata kuliah pembelajaran smk, kami diminta untuk membuat makalah tentang kurikulum ktsp smk dalam mapel matematika.
    bisa mohon bantuan bapak memaparkan tentang hal tersebut gk pak?tolong ya pak:)

  42. sakia Says:

    pk tolonk donk..klo modul mengelola data /informasi di tempat kerja
    dan modul mengaplikaiskan administrasi ditempat kerja tuk smk jurusan perkantoran,

  43. wiwi Says:

    Pak, minta tlg dikirimkan silabus berkarakter DKK dan KK Administrasi Perkantoran serta RPP nya (berkarakter), kalau ada.Jika tdk ada yg berkarakter, yg biasa jg tdk apa. Sy jg sangat membutuhkan modul prinsip2 penyelenggaraan AP, modul prosedur administrasi, modul pertemuan/ rapat, modul kerjasama dengan kolega dan pelanggan dan modul perjalanan bisnis. Kebanyakan ya pak? Maaf, sangat butuh soalnya. Klo bisa minta tlg dikirim ke email sy. Trimakaih banyaaaaaaaak pak.

  44. wiwi Says:

    Pak, klo modul aplikasi AP di tempat kerja ada ya? Bs minta tlg dikirim ke email sy pak? Terimakasih sebelumnya pak…

  45. Anonymous Says:

    Pak saya minta tolong kirimi modul memproses transaksi keuangan
    Trmksh

  46. bagus Says:

    Pak saya minta tolong kirimi modul memproses transaksi keuangan
    Trmksh

  47. eka ningsih Says:

    , aku bingung mau masuk AP atau akuntan,,, terus akuntan sama AP beda nya apa ??


  48. pak tolongin saya buat kurikulum yang standar kompetensi nya mengimplementasikan aplikasi dasar keterampilan komputer.saya mohon bantu saya.kirim ke comenan ini ya pak.makasih

  49. indra Says:

    pak, tlong poskan RPP KEARSIPAN bisa gk..?? trmksih sblmnya..

  50. Anonymous Says:

    pak bisa minta tolong kirimkan modul menjaga dan melindungi budaya kerja??
    saya butuh sekali pak, krna dah 2 tahun nyari buku’a belum dapat2
    trims sebelum’a

  51. Ros Diana Says:

    Pak tlong krimkan modul mengelola data/informasi di tempat kerja, mksih sblumnya ini email sya gilarcom@yahoo.co.id

  52. Paula Weny Indirawati Says:

    Pak, kl bapak punya silabus dan RPP kearsipan kurikulum 2013, tolong dikirim ke email saya “nathania2809@gmail.com. Terimakasih

  53. Anonymous Says:

    Pak bisa minta tolong kirimkan modul menjaga dan melindungi budaya kerja??
    saya butuh sekali lah pak, krna dah 3 tahun ni nyari buku’a belum dapat2
    trima kasih sebelumnya ya…

  54. Putri Chairuna Says:

    Pak bisa minta tolong kirimkan modul menjaga dan melindungi budaya kerja?? klw ada sxan silabus n RPP’a ya pak.
    saya butuh sekali lah pak, krna dah 3 tahun ni nyari buku’a belum dapat2
    trima kasih sebelumnya ya…

  55. Anonymous Says:

    Kepada teman2 yang punya modul mengolola transaksi keuangan dan berkomunikasi melalui telpon?? klw ada sxan silabus n RPP’a ya saya butuh sekali lah pak, krna dah lama nyari buku’a belum dapat2 ke email saya ( yasinumar317@yahoo.co.id )
    trima kasih sebelumnya ya!

  56. Tajudin, S.Pd Says:

    ass. pak tolong kirimin kurikulum AP secara lengkap.

  57. anifagustiya Says:

    Assalamu’alaikum pak, bisakah kirim materi AP dari semester 1-5 secara lengkap, kirim ke email aku nya, terima kasih :)

  58. Anonymous Says:

    tolong kirim dong file ini ke email saya

  59. Anonymous Says:

    Ass,,,pak tlong krim akn materi AP, NKN, BI, TKJ untk tingkat 10, 11 dari smester 1 – 4.


  60. ass. pa saya guru baru produktif AP.. saya bingung untuk membuat rpp dan silabus.. dan saya juga ditunjuk untuk membuat program kerja jurusan AP.. tolong bantu saya pa.. terimakasi Jazakumullah..

    • tirman Says:

      ok saya bersedia membantu, bagaimana caranya saya membantu ibu? atau silahkan komunikasi via emai: sutirman@gmail.com

      • intan Says:

        Ass.pak kebetulan saya jg sama mengajar untuk jurusan AP.dan kesulitan untuk pembuatan administrasi RPP dan program kerjanya..mhn bantuannya ya pak…terimaksih byk Jazakumullah khairon katsiro…..


  61. […] PPT File Name: Contoh kurikulum smk ap – pembelajaran | menuju Source: tirman.wordpress.com » DOWNLOAD « […]


  62. […] PPT File Name: Contoh kurikulum smk ap – pembelajaran | menuju Source: tirman.wordpress.com » DOWNLOAD « […]


  63. Bagus artikel nya mengenai Administrasi Perkantoran
    kunjungi juga website kami

    http://flashcomindonesia.com/kursus-administrasi-perkantoran-surabaya.html

    Terima kasih

  64. gajahmini Says:

    Menarik sekali,,
    Mari Hijaukan Bumi Kita

    Kami suplier Rumput Gajah Mini, Rumput Jepang dan tanaman lain untuk kebutuhan taman anda seperti aneka palem, pule, soka india, aneka kamboja, dll.
    Kami juga melayani jasa pembuatan taman untuk wilayah Jawa Tengah

    Hubungi kami klik http://rumputjepang-gajahminimurah.blogspot.com/

    Arya Flower
    Salam sukses


    • Saya juga suplier.banyak produk yang ready stock.kali ini yang saya tawarkan Minuman Kesehatan dan kecantikan “Gluta drink.banyak manfaatnya, di antaranya bisa menunda ketuaan dini, menjaga awet muda, dll.

  65. Anonymous Says:

    ASS….tolong pa, saya kirim rpp smk kls 1,2,3 adminidtrasi perkantoran


  66. Tahun ini sekolah saya baru mulai dengan Kur 2013. Saya mengajar mapel yang sama sekali berbeda dengan sebelumnya. Adakah yang mau bantu ? Kebetulan saya mengajr Simulasi digital, teknologi informatika, administrasi perkantoran, pengantar administrasi perkantoran.Saya butuh materinya. Bisa modul, handout, atau powerpoint lah ….Mohon kirim ke email saya saja,Trims sebelumnya , semoga Allah melipatgandakan amal sholeh saudara2 semua. Aamiin

  67. Mitaserli Says:

    Kalau bleh minta tlong, buatin teks ringkasan komunikasi lisan disekolah pelajaran korespodensi ya

  68. Juju Joe Says:

    pak sy minta tolong sih kirimin rpp korespondensi saya bingung nh kl boleh makasih banyak ya pak mudah2an bisa

  69. Anonymous Says:

    minta tolong saya perlu rpp adm. keuangankurikulum 2013
    kls XI adm. perkantoran

  70. intan Says:

    Makasih byk buat pak tirman atas kiriman rpp nya,sangat membantu dan bermanfaat sekali untuk saya dan teman2,,,barangkali bapak pnya modul/buku pegangan untuk pelajaran Ap yang baru kur 2013 yang sampai sekarang kami blm mendapatkannya…


  71. pak mnta tlong rpp kearsipan yang kelas x donk


  72. kalo ada rpp kearsipan kelas x, mnta tlong dkrim k email sy.
    rina.handrina89@gmail.com


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 29 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: